SEJARAH
SINGKAT MESIN DIESEL
Diesel berasal dari nama seorang insiyur dari jerman yang menemukan mesin ini pada tahun 1893, yaitu Dr.Rudolf Diesel .
Ia mendapat kan paten (
Rp.67207 ) berjudul ’’ Arbietsverfahren und fur Ausfuhrungsart Verbrenungsmaschinen . Pada waktu itu mesin tersebut tergantung panas yang di hasilkan ketika kompresi untuk menyalahkan bahan bakar. Bahan bakar ini diteruskan keselinder oleh tekanan udara pada akhir kompresi.
Pada tahun 1924
Robert Bosch seorang insiyur dari jerman mencoba mengembangkan pompa injeksi dari pada menggunakan tekanan udara yang akhirnya berhasil menyempurnakan ide dari Dr.Rudolf diesel tersebut.keberhasilanya
Robert Bosch tersebut di rasakan sampai sekerang
MEMAHAMI DASAR DASAR MESIN
1. URAIAN
•Suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan, jalan, udara dan sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin. Mesin merupakan alat yang merubah tenaga panas, listrik, air, angin, tenaga atom atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaga mekanik, Mesin merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik disebut motor bakar (
thermal engine )
•Motor bakar ada beberapa macam, yaitu mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin dan lain-lainny, yang menghasilkan tenaga panas yang dihasilkan dari dalam mesin itu sendiri disebut motor pembakaran dalam (
internal combustion engine ) sebagai contoh mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin. Tenaga panas yang dihasilkan diluar dari mesin itu sendiri disebut motor pembakaran luar (
external combustion engine ) contohnya mesin uap, mesin nuklir dan lainn-lainnya.
Karakteristik mesin bensin dan mesin diesel adalah sebagai berikut :
a. Mesin Bensin :
•- Kecepatannya tinggi dan tenaganya besar
•- Mudah pengoperasiannya
•- Pembakarannya sempurna
•- Umumnya digunakan untuk mobil penumpang dan kendaraan truck kecil
b. Mesin
Diesel :
•- Efisiensi panasnya tinggi
•- Bahan bakarnya hemat
•- Kecepatanya lebih rendah dibandingkan mesin bensin
•- Getarannya besar dan agak berisik
•- Harganya lebih mahal
•- Umumya dipergunakan untuk niaga dan kendaraan besar/ truck/
bus
2.PRINSIP KERJA MESIN
•Pada gambar skema mesin bensin, campuran udara dan bensin dihisap kedalam silinder,
•kemudian dikompresikan oleh torak saat bergerak naik, bila campuran udar dan bensin terbakar dengan adanya api dari busi yang panas sekali,
•maka akan menghasilkan tekanan gas pembakaran yang besar didalam selinder.
•Tekanan gas pembakaran ini mendorong torak ke bawah, yang menggerakan torak turun naik dengan bebas didalam silinder.
•Dari gerak lurus ( naik turun) torak dirubah menjadi gerak putar pada poros engkol melalui batang torak. Gerak putar inilah yang menghasilkan tenaga pad mobil.
•Pada gambar skema mesin bensin, campuran udara dan bensin dihisap kedalam silinder,
•kemudian dikompresikan oleh torak saat bergerak naik, bila campuran udar dan bensin terbakar dengan adanya api dari busi yang panas sekali,
•maka akan menghasilkan tekanan gas pembakaran yang besar didalam selinder.
•Tekanan gas pembakaran ini mendorong torak ke bawah, yang menggerakan torak turun naik dengan bebas didalam silinder.
•Dari gerak lurus ( naik turun) torak dirubah menjadi gerak putar pada poros engkol melalui batang torak. Gerak putar inilah yang menghasilkan tenaga pad mobil.
GMBR I |
•Posisi tertinggi yang dicapai oleh torak didalam silinder disebut Titik Mati Atas (TMA), dan posisi terendah disebut Titik Mati Bawah (TMB), jarak bergeraknya torak antara TMA dan TMB disebut langkah torak (stroke)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar